Manfaat dan Kerugian Menitipkan Buah Hati di Tempat Penitipan Anak

Sebelum dan setelah kelahiran anak mungkin Anda sempat mempertimbangkan apakah Anda akan kembali bekerja atau mau mengasuh sang anak di rumah saja. Namun seringkali, orangtua tidak memiliki pilihan untuk berhenti bekerja. Anda mungkin kemudian bertanya-tanya alternatif apa yang tersedia agar anak Anda tetap bisa dirawat dengan baik. 

tempat penitipan anak di pekanbaru
Manfaat Menitipkan Buah Hati di Tempat Penitipan

Saat ini, tempat penitipan anak di pusat kota dan di kota-kota besar lain sudah semakin berjamuran. Menitipkan sang bayi di daycare memang merupakan menjadi solusi marak saat ini. Namun, agar Anda lebih memahami apa yang akan Anda peroleh dengan menitipkan anak Anda, berikut adalah beberapa manfaat dan kerugian menitipkan sang buah hati di tempat penitipan anak. Apa saja? 


Manfaat

1. Tempat penitipan anak memiliki lingkungan stabil. Orangtua yang datang dan menjemput anak mereka berkesempatan bersosialisasi dengan orangtua lain yang memiliki pengalaman yang sama sehingga bisa saling bertukar saran. 

2. Tempat penitipan anak seringkali lebih murah bila dibandingkan dengan menyewa babysitter. 

3. Fasilitas penitipan yang baik biasanya mempekerjakan staff yang secara khusus terdidik dalam perkembangan anak usia dini yang bisa membantu dan mengawasi perkembangan sang buah hati.

4. Tempat penitipan yang baik menawarkan beragam aktivitas agar anak Anda bisa terlibat. Beberapa di antaranya termasuk kesenian, aktivitas yang berpusat pada belajar membaca, serta bermain. 

5. Buah hati Anda bisa berinteraksi dengan anak-anak lain dan belajar berbagai kemampuan sosial. Anak yang berada di rumah mungkin tidak bisa mengembangkan kemampuan ini. 

Sedangkan, berikut kerugiannya

1. Karena banyaknya anak yang menghadiri fasilitas penitipan anak, buah hati Anda mungkin akan lebih sering sakit karena tertular teman-teman mereka. Solusinya, pilihlah penitipan anak yang mengutamakan kebersihan tempat bermain, ruang tidur, mainan, dan alat makan. Penitipan anak yang bersih akan meminimalkan resiko sakit pada anak.

2. Tidak banyak tempat fasilitas anak yang menawarkan perhatian terpusat pada individu tiap anak. Jika buah hati Anda tergolong yang sulit atau butuh perhatian ekstra, cek tempat penitipan anak yang akan Anda masuki baik-baik. Bicaralah dengan pengurusnya dan orangtua yang juga menggunakan layanan yang sama. Utamakan penitipan anak yang membatasi jumlah anak, dan perbandingan jumlah anak dan pengasuh, sesuai standar pendidikan anak usia dini. Jika Anda memilih menggunakan babysitter, pastikan juga ia berkualifikasi. 

3. Bagi beberapa orangtua, biaya tempat penitipan anak mungkin tergolong mahal tergantung gaji mereka. Kebanyakan tempat penitipan anak juga menarik biaya ekstra jika terlambat menjemput sang buah hati. Namun biayayang dikeluarkan harusnya akan sebanding dengan layanan yang didapati. Penitipan anak dengan konsep pendidikan usia dini akan menjadikan masa emas balita menjadi masa tumbuh kembang yang sangat efektif.

Nah, itulah beberapa manfaat serta kerugian menitipkan bayi dan balita ke tempat penitipan anak. Semoga bisa menjadi panduan.


Mencari alamat tempat penitipan anak dengan konsep Plus Pendidikan Usia Dini di Pekanbaru?
KLIK DISINI Penitipan Anak (Daycare) dengan Program Full Day untuk Orangtua Bekerja.

Popular Posts