Segudang Manfaat Berjemur di Pagi Hari Bagi Anak

Mungkin Ayah Bunda pernah mendengar manfaat sinar matahari pagi dan aktivitas menjemur tubuh memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Terutama untuk kesehatan tulang. Sangat benar sekali bahwa berjemur di pagi hari memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya bagi kesehatan buah hati. Oleh karena itu salah satu syarat yang setiap orang tua harus penuhi ketika membuat kamar khusus bayi adalah kamar tersebut harus berada di bagian rumah yang dapat diakses dengan mudah oleh sinar matahari pagi. 

tempat penitipan anak aman, nyaman dan edukatif
Manfaat Berjemur di Pagi Hari Bagi Anak
Hal ini disebabkan karena sinar matahari memang memiliki banyak manfaat untuk bayi, terutama sinar matahari pagi. Tidak jarang, para orang tua mengajak bayi mereka berkeliling taman karena selain orang tua memiliki kesempatan untuk berolah raga di pagi hari, sang buah hati juga bisa menikmati segala manfaat sinar matahari pagi

Kegiatan berjemur bagi bayi baru adalah rutinitas wajib. Meskipun berefek positif, bayi baru lahir hanya bisa mendapatkan manfaat apabila diterpa sinar matahari hanya pada pukul 07.00 - 09.00 pagi. Anda bisa membawanya ke luar rumah sebelum atau sesudah mandi pagi. Durasinya, antara 10 - 15 menit. Posisi yang baik saat menjemur adalah posisi berbaring, baik terlentang maupun tengkurap, apabila bayi tidur. Dalam keadaan bangun, Anda bisa menggendongnya sambil bermain.

Berikut ini beberapa manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi :

1. Matahari pagi dapat mencegah bayi mengalami sakit kuning karena kekurangan sinar matahari. Terkadang ada bayi yang baru lahir terlihat kuning pada kulit atau matanya. Ini adalah bilirubin. Bilirubin sebenarnya pigmen kuning dari proses pemecahan sel darah merah yang akan terbuang melalui plasenta ke tubuh ibu saat bayi masih di dalam kandungan. Namun, saat bayi sudah lahir, seharusnya proses tersebut tak berlangsung lagi. 

2. Sinar matahari kaya akan vitamin D. Vitamin D dibentuk dari kolesterol dalam tubuh yang diubah oleh sinar ultraviolet yang hanya bisa didapatkan dari sinar matahari. 

3. Sinar matahari juga dapat membantu mengurangi kejenuhan atau depresi. Bayi yang cukup sinar matahari akan jarang menangis karena sinar matahari memiliki fungsi untuk melepaskan hormon endorphin dalam tubuh yang juga dikenal dengan sebutan hormon anti-depresi. 

4. Menguatkan tulang, mempererat ikatan. Menjemur bayi baru lahir juga baik untuk pertumbuhan tulang dan kesempatan untuk Anda menjalin ikatan/bonding dengan bayi. 


Walau sinar matahari pagi sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk bayi, orang tua harus mengetahui pula cara tepat untuk mengoptimalkan manfaat sinar matahari yaitu seperti: 

1. Tidak menjemur bayi anda terlalu lama karena bisa menyebabkan bayi kepanasan dan dehidrasi. Selain itu kulit bayi masih sangat sensitive. 

2. Cukup menjemur bayi selama 15 menit lalu bawa bayi masuk dan beri ASI atau minum air putih, setelah itu jemur lagi bayi selama 15 menit dan beri ASI lagi. Jadi menjemur bayi maksimal 30 menit perhari sudah cukup. 

Jadi pastikan bayi Bunda mendapat cukup sinar matahari setiap hari. Beruntung bagi anda yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis sehingga setiap hari dapat menikmati manfaat berjemur di pagi hari. Selamat berjemur anak Bunda :)

Mencari jasa penitipan anak yang aman dan nyaman bagi si kecil?
Klik Disini

Popular Posts